Kiat #Jenius to be Food Blogger

4 Oct 2016

Hai sobat blogger! Minggu 02 October 2016 kemarin, saya bersama rekan-rekan blogger menghadiri acara #JeniusWay To be Food Blogger yang merupakan bagian dari rangkaian acara Jenius Live X Brightspot Market of The Future. Acara besar ini adalah hasil kolaborasi antara Jenius dengan Brightspot Market dan berlangsung di Senayan City Mall dari tanggal 29 September – 02 October 2016.

Apa itu Jenius? Jenius adalah banking re-invented, yang menawarkan cara ber-bank baru yang lebih mudah, cerdas, dan aman untuk mengatur hidup dan keuangan melalui smartphone berbasis Android atau iOS. Jenius memberikan layanan 24 jam membantu anggotanya mengelola hidup dan keuangan dengan cara yang lebih mudah, cerdas dan aman. Mulai dari tagihan, pengiriman atau transfer dana cepat hingga tabungan impian semua bisa dilakukan dengan Jenius.

Untuk bisa merasakan pengalaman baru dan berbeda ini, kita hanya cukup mengunduh aplikasinya di Apple Store atau Google Play Store, untuk kemudian melakukan registrasi seperti tersebut dibawah. Jangan khawatir, proses registrasinya dijamin cepat, mudah dan aman. Detail informasi lebih lanjut juga bisa sobat semua cek di Jenius.com.

Salah satu hal yang melatarbelakangi digelarnya acara ini adalah karena Jenius bersama Brightspot Market berusaha menawarkan sebuah gaya hidup baru dalam berbelanja, menikmati hiburan serta berbagai inspirasi menarik kepada mereka generasi digitally savvy dan social connected. Kegiatan Jenius Live x Brightspot Market of the Future berlangsung di tiga titik Senayan City, yaitu area road block Jalan TPH yang menjadi South Tent (Tent1) untuk area retail tenant, The Space Senayan City yang merupakan North Tent (Tent 2) untuk area food tenant, dan Atrium Senayan City.

Banyak aktivitas / program seru yang ditawarkan di masing-masing area, diantaranya Special Entry dan $Cashtag for Cashback di South Tent, Virtual Shop, Bright Ideas dan beragam promo unik untuk North Tent serta tak ketinggalan ada Program Raffle & #JeniusWay untuk di Area Atrium Senayan City. #JeniusWay adalah talkshow series seputar gaya hidup yang bertemakan kecantikan, fashion, keuangan dengan narasumber-narasumber handal. Pengunjung bisa mengikuti talkshow #JeniusWay ini secara gratis selama 3 hari yang dimulai dari 30 September – 02 October 2016.

#JeniusWay to be Food Blogger adalah salah satunya. Talkshow ini digelar sebagai hasil kolaborasi dengan KMK Online, berlangsung mulai pukul 17.30 – 18.30 WIB dengan menghadirkan narasumber handal Fellexaandro Ruby (biasa disapa Captain Ruby), seorang food blogger.

Acara dibuka dengan registrasi peserta yang dilanjutkan dengan sesi coffee break bertempat di JJ Bistro mulai dari pukul 15.30 WIB. Kurang lebih pukul 17.00 WIB, briefing singkat dilakukan bersama Mba Jihan selaku perwakilan panitia dari #JeniusWay untuk kemudian berlanjut ke panggung utama talkshow yang digelar di area atrium.

Captain Ruby memulai dengan memberikan strategi dasar food photography. Menurut beliau caranya mudah yaitu dengan mengenali karakteristik audien (bisa berupa follower, subscriber ataupun reader)/dengan melakukan berbagai percobaan agar kita bisa mengetahui apa yang mereka suka ataupun tidak suka. Darisana pula, kita bisa memberikan sudut pandang /inovasi baru terkait foto makanan yang akan kita bagi.

Kiat dalam membuat dan menghasilkan foto makanan yang menarik pun tak luput disampaikan. Menurutnya, ada 3 hal yang perlu diperhatikan, yaitu: 1. Berteman dengan Jendela. Lakukan pengambilan foto ditempat yang dekat dengan sumber cahaya, bisa sinar matahari ataupun lampu. 2. Tentukan arah cahaya. Untuk foto makanan dengan hasil maksimal, sebaiknya ambil arah cahaya yang berasal dari sebelah Kiri, Kanan atau Belakang. 3. Rajin foto swarupa / selfie. Kok bisa? Karena dengan sering melakukan hal tersebut, kita bisa terbiasa dengan sendirinya dalam menentukan angle terbaik dalam pengambilan sebuah foto.

Pembahasan selanjutnya adalah mengenai teknik pengambilan foto. Kalau sebelumnya Top Shot adalah teknik favorit yang dulu menjadi tren dan banyak digunakan, maka kini berkembang teknik yang mengutamakan pada fokus objek. Salah satunya pengambilan foto dengan sudut 45 derajat. Bila Top Shot memungkinkan detail permukaan makanan terlihat utuh, maka teknik dengan mengubah derajat pengambilan foto (penggunaan angle yang presisi) akan memungkinkan kita mendapatkan detail terbaik yang menjadi nilai utama dari objek foto yang diambil.

Captain Ruby pun tak segan membagi tips cara mudah meningkatkan kualitas foto yang diambil dengan menggunakan ponsel pintar. Diantaranya adalah:

1. Sering-seringlah membersihkan lensa kamera ponsel

2. Gunakan crop editor dibandingkan mengambil foto dengan efek Zoom

3. Selalu ambil fokus sebelum shot.

Sesi tanya jawab menjadi penutup yang tak kalah meriah. Banyak pertanyaan hadir dari peserta, mulai dari penggunaan kata yang pas dalam mendeskripsikan foto makanan, penggunaan flash dalam pengambilan foto, hingga cara terbaik pengambilan foto makanan yang baru dibuat.

Seru, menyenangkan dan pastinya memperluas wawasan bisa hadir di acara talkshow #JeniusWay bersama Captain Ruby kali ini. Dan tentunya setelah ini diharapkan kita bisa menerapkan langsung semua ilmu yang didapat agar kita juga bisa menjadi food blogger photography handal di masa depan.  :-)


TAGS Jenius #JeniusWay Brightspot Market Food Blogger Photography


Comment
-

Author

Follow Me