Keseruan Sunday Sharing ke-32 : “Belajar Membuat Vlog Kreatif dan Me

13 Nov 2016

Setelah hampir seminggu ini saya vakum dari aktifitas menulis dikarenakan sakit, alhamdulillah saya masih diberikan kesehatan dan kesempatan kembali untuk mengikuti salah satu kegiatan seru yang diselenggarakan oleh Blog Detik, yaitu Sunday Sharing ke-32. Bertemakan “Belajar Membuat Vlog Kreatif dan Menghibur” acara ini seperti biasa digelar di kantor Detik.com, Gedung Aldevco, mulai pukul 09.30 wib sampai dengan selesai. Acara diisi dengan pemaparan materi, sesi tanya jawab serta workshop tentang pembuatan vlog.

Pemateri kali ini disampaikan oleh Indoteenagers yang akan membahas tentang apa itu vlog, bagaimana cara membuatnya serta teknik dan alat apa saja yang diperlukan. Indoteenagers sendiri adalah kumpulan dari 6 orang anak muda yang diprakarsai oleh Mas Iman Umara, yang mana meski berasal dari latar belakang yang berbeda dipersatukan oleh kesukaan atau hobi yang sama, yaitu membuat video blog. Latar belakang member Indoteenagers ini cukup unik, ada dari mantan koki, kontraktor, konsultan pajak, tenaga pendidik, bahkan mahasiswa. Namun hal ini tidak menjadi halangan untuk mereka berkumpul dan membuat video blog (vlog) yang menarik dan menjadi viral. Sebagai catatan, mereka mempelajari dan membuat vlog secara otodidak atau belajar dari tutorial online loh. Menarik bukan? Itulah gambaran singkat dari pemateri kita kali ini. Sekarang kita bahas yuk, apa itu vlog.

Secara harfiah vlog diartikan sebagai sebuah video dokumentasi jurnalistik yang berada didalam web yang berisi tentang hidup, opini & ketertarikan. Vlog sendiri kontennya sangat beragam, biasanya terbagi atas: Daily life, Song Cover, Comedy Skecth, Prank, Stuff Review, Gaming, Tutorial, Story Telling Information, Challenge, dan Social Experiment. Kalau Indoteenagers sendiri lebih fokus membuat vlog dengan konten berupa Prank, Song Cover, Challenge, dan Social Experiment.

Prank adalah salah satu konten vlog yang berisi soal ‘kejahilan’ yang dilakukan kepada orang umum untuk dilihat bagaimana reaksinya. Biasanya targetnya adalah perempuan karena lebih disukai untuk dilihat serta lebih ekspresif. Kalau Challenge adalah konten vlog yang dibuat berupa tantangan antara pembuat video dengan orang awam. Tantangan yang diberikan biasanya sederhana namun lucu dan menarik.

Social experiment adalah konten vlog yang biasanya berupa uji coba kepada masyarakat umum secara tersembunyi untuk melihat bagaimana respon terjujur mereka terhadap sebuah kejadian atau peristiwa. Sementara song cover, adalah konten vlog tentang bagaimana menyanyikan ulang lagu orang lain dengan versi kita sendiri (aransemen atau alat musik yang berbeda).

Dalam pembuatan vlog ada beberapa tool atau alat yang biasa digunakan, seperti kamera, perekam suara, lighting, tripod / monopod, handy talkie serta hidden camera bag. Adapun teknik pengambilan gambar atau videonya sendiri bisa direkam menggunakan teknik high angle, low angle, medium shot, full shot, close up dan hidden cam yang disesuaikan dengan tema konten dan situasi dilapangan.

Sebuah vlog yang dibuat tentu harus melewati proses editing sebelum akhirnya diupload. Kali ini team dari indoteenagers juga memberikan informasi atau tips tentang pengolahan video blog. Menurut mereka, kita bisa memanfaatkan sumber teknologi yang ada yang bisa digunakan secara gratis. Dalam pengolahan sebuah vlog, mereka biasanya menggunakan aplikasi video editor, video effect, sound effect serta youtube thumbnail untuk memastikan vlog yang dibuat menarik dan menghibur.

Bagi sobat yang mau mencoba dan bingung, bisa belajar sendiri tentang aplikasi video/sound effect editor ini loh mengingat tutorialnya bisa didapat dan ditiru langsung secara online. Nah, kalau alat sudah ada, teknik pengambilan gambar sudah tahu, kira kira apalagi yah yang harus diketahui agar vlog kita menjadi menarik?

Menurut Indoteenagers, setidaknya ada 4 hal yang harus dipertimbangkan sebelum kita membuat sebuah vlog. Yang pertama, pemilihan judul. Judul vlog yang dibuat harus bisa menarik perhatian viewer. Usahakan yang membuat mereka penasaran akan konten dari vlog yang kita buat. Yang kedua, konsep vlog. Kita harus menentukan konsep vlog yang dibuat apakah berupa challenge, prank, social experiment atau konsep vlog lainnya. Usahakan konsep yang kita buat konsisten sehingga kita mudah dikenali karena identitas konsep vlog yang kita buat.

Yang ketiga, ide konten atau tema. Ini juga penting. Pastikan ide konsep yang dibuat adalah orisinil dan unik. Kalaupun ide yang dimunculkan mungkin sudah ada, buatlah pembeda dari ide tersebut, entah itu berupa modifikasi ataupun kombinasi. Terakhir adalah karakter. Yak, karakter dari sasaran yang kita jadikan target penting untuk dipertimbangkan dalam pembuatan sebuah vlog. Biasanya kita akan semakin terlatih dalam mengenal karakter seiring dengan semakin seringnya kita membuat sebuah vlog.

Seru dan menarik kan sobat blogger materi kali ini? Mungkin ada yang penasaran manfaat apa saja yang didapat dari kita membuat sebuah vlog. Bagi Indoteenagers, selain manfaat materil yang didapat seiring banyaknya viewer yang diraih, bagi mereka vlog adalah jalan dalam mengekspresikan hasrat pribadi, dimana ada kepuasan social yang mereka dapat. Dengan vlog mereka bisa berkenalan dengan banyak orang yang pastinya menambah relasi serta dari sinilah mereka juga bisa meningkatkan level kepercayaan diri yang membantu ketika bertemu klien misalnya. Adapun diluar itu, mereka berharap bahwa vlog yang dibuat selain menghibur juga mampu memberikan nilai moral yang bisa menjadi pelajaran bagi viewer mereka.

Selesai pemaparan materi, acara sharing dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang berlangsung sangat seru terutama seputar membuat konten vlog yang menghibur. Selepas itu, kegiatan dilanjutkan dengan workshop langsung berupa lomba pembuatan vlog dimana kami diminta membuat grup berisikan 4-5 orang dan membuat vlog dengan tema prank, song cover atau social experiment. Seru dan menyenangkan loh sobat blogger. Tim saya sendiri berusaha membuat prank vlog tentang ‘Fake Selfie’ yang bisa dilihat langsung di : https://youtu.be/VzHen-ByN_Y, hanya saja kami belum beruntung memenangkan lombanya.

Itulah keseruan sunday sharing kali ini yang bisa saya bagi. Bagi yang ingin mencoba dan belajar langsung dengan materi yang berbeda tentunya, nantikan ya sunday sharing ke-33 yang akan digelar dua bulan lagi. Jangan sampai ketinggalan. :-)


TAGS Sunday sharing 32 vlog blog prank


Comment
-

Author

Follow Me