Blogger Gathering Bersama CNI : “The Power of Social Media”

19 Dec 2016

Sosial media tentu bukanlah hal asing lagi ditelinga kita. Bisa dipastikan bahwa hampir semua orang memiliki setidaknya satu akun media sosial. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, pergeseran akan fungsi sosial media begitu terasa. Lalu bagaimana seharusnya sebuah sosial media digunakan? Dan seberapa kuat pengaruh dari sosial media? Untuk mengetahui jawabannya saya berkesempatan menghadiri acara blogger gathering yang diadakan oleh CNI bertemakan ‘The Power of Social Media‘. Gathering kali ini menghadirkan dua pembicara handal yakni Teh Ani Berta selaku Blogger & Content Writer dan Mas Niko Riansyah selaku Digital Marketing Specialist CNI. Acara bertempat di Burger King LG Plaza Festival, Jl. HR Rasuna Said No. 22, mulai pukul 14.00 s.d 16.30 WIB.
 
 
Sesi pertama dibuka oleh Mas Niko yang mengawali dengan pemaparan secara singkat mengenai profile company dari CNI melalui video mulai dari sejarah berdiri, produk yang diproduksi, prinsip kerja yang dianut, sampai strategi pemasaran yang dilakukan. CNIatau PT Citra Nusa Insan Cemerlang adalah perusahaan pertama di Indonesia yang menjajakan produknya dengan metode MLM (Multi Level Marketing). Perusahaan ini sudah berdiri sejak 30 tahun lalu dengan lini produk utamanya berawal dari makanan suplemen dan obat-obatan. Dan kini tak hanya itu, karena CNI juga sudah memproduksi dan menjual mulai dari Makanan dan Minuman, personal care bahkan produk untuk pertanian dan perikanan.
 
 
Di kesempatan kali ini juga, mas Niko banyak memberikan ulasan mengenai kemampuan / skill yang harus dimiliki di era generasi milenia berikut juga cara mengenali karakteristik pasar termasuk strategi pemasaran yang perlu dilakukan. Menurut mas Niko, karakteristik konsumen sekarang lebih banyak dikalangan usia muda yang melek internet atau disebutnya sebagai generasi online. Berkaitan dengan hal ini maka CNI pun terus melakukan optimalisasi di lini ecommerce-nya dengan menghadirkan www.geraicni.com. Gerai CNI hadir untuk memudahkan konsumen terutama generasi online dalam memperoleh produk CNI tanpa perlu lagi menunggu penawaran face to face dari para agen. Selain itu, CNI juga menjalin kerjasama salah satunya dengan blogger untuk melakukan digital campaign dalam memperkenalkan dan memasarkan produknya.
 
 
Sesi kedua dilanjutkan bersama Teh Ani Berta yang akan membahas tentang ‘The Power of Social Media‘. Beliau memaparkan beberapa hal yang harus kita ketahui tentang  dan bagaima seharusnya sosial media dibuat sebagai berikut:  

 
1. Ragam sosial media yang digunakan dan fungsi sosial media. 
Banyak sekali sosial media yang berkembang saat ini, mulai dari facebook, twitter, instagram, path, linkedin, youtube, whatsapp messenger, Line dan masih banyak yang lainnya. Sosial media saat ini memiliki dua fungsi utama yakni sebagai sarana berbagi informasi dan alat mempengaruhi. Informasi yang dibagi bisa berupa berita atau juga promosi tentang sesuatu (pemasaran produk). Sedangkan fungsi sosial media sebagai alat mempengaruhi biasanya digunakan dibidang politik.
 
2. Optimasi Sosial Media. 
Dengan mengetahui fungsi utama sosial media diatas, kita sebagai user harus tahu bagaimana mengoptimalkan sosial media yang dimiliki agar benar-benar bisa bermanfaat tidak hanya moril tapi juga materil. Pertama kita harus menentukan tujuan. Dalam membuat sosial media pastinya kita memiliki passion atau maksud tertentu. Berdasarkan hal ini maka kita harus bisa mengenali karakter diri agar sosial media yang dimiliki mampu mencerminkan tujuan yang ingin diraih (baik profit atau non profit). 
Setelah menentukan tujuan, kita bisa melanjutkan dengan melakukan banyak interaksi dan menjaring follower.  Bagaimana caranya? Buat dan upload konten secara teratur dan tematik. Bila diperlukan buatlah content plan yang akan membantu kita dalam membuat sebuah isi sosial media yang baik. Selain itu, pastikan kita juga mengisi sosial media kita dengan issue terkini. Padukan dengan baik antara foto konten, video dan teks agar menarik untuk dilihat. Bila semua hal ini sudah dilakukan, maka hal terakhir adalah mengaktifkan analisis agar kita bisa tahu statistik dari isi konten sosial media yang kita miliki yang menarik perhatian.
 

3. Ciptakan Kredibilitas yang Baik. 
Setelah mampu mengoptimalkan dalam pembuatan sebuah konten sosial media, maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat / membranding diri kita sebagai author yang kredibel. Caranya bagaimana? Jangan sembarangan membagi informasi. Selalu pastikan informasi yang akan kita bagi adalah tidak bohong, tidak memprovokasi dan tidak memperkeruh suasana. Teliti selalu informasi yang diterima dengan melakukan uji silang info melalui beberapa sumber berita lain yang bisa dipercaya. Hal ini tentunya sangat penting agar kita bisa benar-benar membagi informasi yang bermanfaat dan bisa dipercaya.
 
Materi dari Teh ani ditutup dengan panduan cara membuat konten plan sebagai bagian dari optimasi sebuah sosial media. Dalam membuat sebuah konten plan, kita bisa memulainya dengan menentukan waktu upload, jumlah konten yang akan dibuat dan memastikan korelasi antar kalimat. Pastikan bahwa kalimat yang digunakan tidak putus atau menggantung. Setelah itu siapkan foto / video pendukung (sesuai keperluan). Terakhir bila semua dirasa sudah sesuai, siapkan hastag yang unik, menarik agar memudahkan pencarian oleh user.
 
foto: Dok.CNI
itulah sekelumit keseruan dan informasi yang bisa saya bagi saat saya mengikuti acara Gathering bersama CNI. Saya ucapkan terima kasih banyak kepada CNI yang sudah mengadakan acara yang luar biasa seperti ini dan juga kepada Teh Ani dan Mas Niko sebagai pemateri yang sudah mau berbagi ilmu dan pengalamannya dengan kami semua. Semoga saja acara seperti ini bisa terus diadakan lagi oleh CNI di masa-masa yang akan datang. Aamiin :)


TAGS blogger gathering CNI Social Media Gerai CNI


-

Author

Follow Me